Kamis, 01 Mei 2014

RBM mendorongkan Pengembangan IT Perdesaan Pangandaran

 
  Pangandaran. Bertempat di Balai Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kab. Pangandaran pada tanggal 28 April 2014 Pokja RBM PNPM Pangandaran-Ciamis menggelar Forum Diskusi Destinasi Budaya dan IT. Acara ini di sebagai ekspose dan penggalian gagasan potensi Desa Berbasis Kawasan Perdesaan. Latar belakangnya adalah dalam rangka mendorong tumbuhnya sumber pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perdesaan termasuk di 85 desa di Pangandaran. 
    Forum Destinasi budaya ini dihadiri seluruh kepala desa se-kabupaten pangandaran, Himpunan Pramuwisata Indonesia, Wisatawan Asing Mancanegera ( 5 Negara ). Acara diisi dengan kegiatan pentas Seni Budaya Sunda Buhun ( Eok, Gegedug,dll ), potret sekilas lokawisata desa, apresiasi Budaya dan wisata serta orasi kebudayaan potensi wisata dalam implementasi UU desa oleh Budiman Sujatmiko selaku anggota DPR RI.
     
   Sebagai DOB (Daerah Otonom Baru), Kabupaten Pangandaran sangat bergantung terhadap sektor pariwisata disamping pertanian. Oleh karena itu, kebijakan yang dimunculkan harus diarahkan untuk pengembangan sektor tersebut. Hal itu pula yang menjadi concern arahan Enjang selaku Penjabat Bupati Pangandaran. Pendapat senada juga disampaikan Wabup Ciamis Jeje Wiradinata.
   Oleh karena itu, untuk mendorong peran desa untuk tata kelola potensi wisata maka dibutuhkan mobilisasi informasi berbasis sumberdaya ekonomi perdesaan. Hal ini bisa ditempuh dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 
   Apalagi, sekarang ini dunia ibarat dalam genggaman internet. Maka, pemanfaatan IT di  Perdesaan Pangandaran menjadi sebuah kebutuhan agar informasi dapat di akses banyak pihak dengan harapan akan muncul apresiasi dan dukungan pengembangan ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar